Rabu, 17 Desember 2008

Pengamenbis pert17 - Menilai Kondisi Ekonomi

TwitThis

Menilai Kondisi Ekonomi

Pertemuan 17

1.    Apakah indikator yang menjadi ukuran pertumbuhan ekonomi di suatu negara?

2.    Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pengangguran yang Saudara ketahui. Dari jenis pengangguran tersebut jenis pengangguran apa yang paling tepat untuk mengukur tentang keadaan ekonomi?

3.    Di dalam negara yang kuat eknominya bisa juga terjadi inflasi. Apakah yang dimaksud dengan inflasi, dan sebutkan tipe-tipe inflasi yang ada.

4.    Apakah yang dimaksud dengan harga ekuilibirium itu? Apakah harga ekuilibirum itu bisa berubah? Jelaskan.

5.    Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang dapat memengaruhi harga produk di pasar

6.    Apakah peran pemerintah dalam memengaruhi kondisi eknomi negaranya?


 


 


 

1.    Indikator yang menjadi ukuran pertumbuhan ekonomi di suatu negara

a.    Pengeluaran Agrerat : Total jumlah pengeluaran dalam perekonomian

b.    Produk domestic Bruto : Total nilai pasar dari seluruh barang jadi dan jasa yang dihasilkan di Amerika Serikat.


 

2.    Jenis Jenis pengangguran :

a.    Pengangguran friksional (Pengangguran alamiah) : Orang orang yang sedang berganti pekerjaan, bersifat temporer karena dalam waktu dekat mereka akan memiliki pekerjaan.

b.    Pengangguran Musiman : Orang orang yang jasanya tidak dibutuhkan dalam musim musim tertentu, seperti instruktur ski yang menganggur selama musim panas.

c.    Pengangguran Siklus : Orang orang yang menganggur karena kondisi perekonomian yang buruk, seperti pekerja yang di PHK karena perusahaan memiliki ekonomi yang buruk.

d.    Pengangguran Struktural : Orang orang yang menganggur karena mereka tidak memiliki keahlian yang memadai, seperti orang yang memiliki tingkat pendidikan terbatas.

Jenis pengangguran yang paling tepat untuk mengukur tentang kondisi ekonomi adalah Pengangguran jenis Siklus karena Tingkat pengangguran yang lebih indah dapat diinterpretasikan sebagai indicator dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi begitu juga sebaliknya.


 

3.    Yang dimaksud dengan inflasi adalah kenaikan dalam tingkat harga barang dan jasa secara umum selama periode waktu tertentu. Jenis jenis Inflasi ada 2 yaitu:

a.    Inflasi yang didorong oleh biaya : Situasi dimana harga yang lebih tinggi dikenakan oleh perusahaan sebagai akibat dari biaya produksi / transport dll yang lebih tinggi.

b.    Inflasi yang ditarik oleh permintaan : Situasi dimana harga produk dan jasa ditarik keatas karena permintaan konsumen yang kuat ( Kemungkinan karena perusahaan yang mengeluarkan produk bersangkutan ingin memiliki laba yang lebih besar).


 

4.    Yang dimaksud dengan harga ekuilibirium adalah Harga dimana kuantitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan setara dengan kuantitas produk yang diminta oleh pelanggan. Harga ekuilibirium dapat berubah sesuai dengan permintaan konsumen yang selalu dinamis karena jika suatu perusahaan ingin mengurangi surplus maka perusahaan tersebut tidak akan memproduksi dalam jumlah yang mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen pada harga tersebut.


 

5.    Faktor faktor yang mempengaruhi harga produk di pasar


 

a.    Penghasilan pelanggan : Penghasilan pelanggan menentukan jumlah produk dan jasa yang dapat dibeli oleh seorang individu. Ketika penghasilan pelanggan meningkat, mereka mungkin saja meminta produk dan jasa tertentu dalam jumlah yang lebih besar begitu juga sebaliknya.

b.    Preferensi pelanggan : Selera pelanggan untuk produk tertentu berubah, maka kuantitas permintaan akan produk tersebut oleh pelanggan dapat berubah. Ketika suatu produk menjadi tidak begitu diminati, permintaan untuk produk tersebut turun. Surplus yang diakibatkan dapat memaksa perusahaan untuk menurunkan harganya guna menjual apa yang diproduksi oleh perusahaan.

c.    Beban Produksi : Ketika perusahaan mengeluarkan beban yang lebih rendah, maka perusahaan mau memproduksi lebih banyak pada harga berapa pun. Hal ini mengakibatkan terjadinya surplus produk, sehingga memaksa perusahaan untuk menurunkan harganya supada dapat menjual seluruh produk yang dihasilkan.


 


 

6.    Peran pemerintah dalam memengaruhi kondisi ekonomi negaranya :

a.    Kebijakan Moneter : Keputusan mengenai tingkat penawaran uang di suatu negara. Penawaran uang berarti tabungan, mata uang yang beredar di Masyarakat, dan Traverel's check.

b.    Kebijakan Fiskal : Keputusan mengenai bagaimana pemerintah federal sebaiknya menetapkan tarif pajak dan membelanjakan uang. Terbagi menjadi 2 yaitu :

1.    Revisi tarif pajak penghasilan orang pribadi

2.    Revisi tarif pajak penghasilan Badan (Perusahaan / Organisasi )

3.    Revisi dalam defisit Anggaran ( Jumlah belanja yang dilakukan pemerintah ) terutama pada saat terjadi defisit pada anggaran pemerintah federal ( Situasi dimana jumlah pembelanjaan pemerintah federal melebihi jumlah pajak federal dan pendapatan lainnya yang diterima oleh pemerintah federal ).

0 comments:

Posting Komentar

 

Twitter Blog Templates © Copyright by http://AF-binus.blogspot.com
BiNusian Sharing Blog
| Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks