Rabu, 26 November 2008

JAWAB2AN QUIZ2 KSI!!

TwitThis
QUIZ1

1. Apakah yang membedakan TPS, ERP, OAS, MIS, ES, EIS
2. Apa tugas dari CIO (Chief Information Officer)
3. Menurut Porter Model unsur apa saja yang harus dilihat oleh organisasi bisnis ketika akan masuk dalam new economy
4. Apa saja yang harus dilihat oleh seorang disainer sistem informasi sebelum membuat Sistem Informasi DALAM ORGANISASI ?
5. Apa yang membedakan antara dokumen Fundamental Technical Plan (FTP), Strategic Development Plan (SDP), Bussiness Plan, Dokumen Teknis
6. Dalam membangun Sistem Informasi bagi organisasi dikenal tiga pendorong implementasi, apa maksud Market Pressure, Technology Perssure, dan Social Pressure dalam implementasi SI di organisasi ?

JAWAB

1. TPS: Transaction Processing System
= System informasi yang memproses data transaksi bisnis

ERP: Enterprise Resource Planning
= Software lintas fungsi terpadu yang merekayasa ulang proses manufaktur, distribus, keuangan, SDM dan proses bisnis dasar lainnya dari suatu perusahaan yg memperbaiki efisiensi, kelincahan, dan profitabilitasnya.

OAS: mendukung pekerja data, yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum menyebarkannya secara keseluruhan dengan organisasi dan kadang-kadang diluar organisasi.

MIS: Management Information System
= System pendukung management yang menghasilkan laporan, tampilan dan respon yang telah di spesifikai, secara periodic, khusus, berdasarkan permintaan, atau dengan berbasis pelaporan wajib

ES: Expert System
= Sistem infomasi berbasis computer yang menggunakan pengentahuannya mengenai bidang aplikasi yang rumit untuk bertindak sebagai konsultan pakar bagi para pemakai. System ini terdiri dari dasar pengetahuan dan modul software yang menjalankan penarikan kesimpulan dari pengetahuan dan mengkomunikasian jawaban terhadap pertanyaan pemakai.




EIS: Executive Information System
= Sisteminformasi yang menyediakan informasi strategis dan yang disesuaikan dengan kebutuhan exekutif serta pengambil keputusan lainnya.

2.
1. Antisipasi
Mengerti kemungkinan berubah-ubahnya IT, dan dapat memanfaatkannya untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Memimpin
Mengerti visi, tujuan, dan ada memimpin ke sasaran yang terarah
3. Strategi
Membangun hubungan IT agar dapat menentukan arah ke tujuan bisnis.
4. Mengorganisasikan
Menentukan dan menjamin tatakelola TIK yang benar dan baik dalam organisasi sehinggadinamika organisasi selalu menuju pada tujuannya
5. Penyediaan
menjamin ketersediaan layanan TIK bagi organisasi untuk dapat mencapai tujuan bisnisnya.
6. Mengukur dan mengembangkan
yaitu mendemonstrasikan dan melakukan pengukuran nilai TIK, secara proaktif mengatur performansi berdasarkan hasil yang didapatkan serta mendistribusikan teknik baru hasil pengembangan, alat dan pendekatan yang dilakukan.

3. Cost Leadership: produksi barang diharga lebih murah
Diferensiasi : memberikan produk yang lain dari pada yang lain.
Inovasi: mengeluarkan produk baru dengan fasilitas lebih canggih.
Operational Efectiveness: Menaikan kinerja internal perusahaan sehingga menampilkan kinerja yang lebih dari competitor.
Costumer Orientation: focus pada kepuasan pelanggan.

4.

5.

6. Market Pressure :
a. Kekuatan pembeli
b. Ekonomi yang global
c. Lingkungan kerja yang dinamis

Tekanan Teknologi :
a. Perkembangan teknologi
b. Berlomba-lomba untuk mendapatkan informasi
c. Kelebihan informasi

Social Pressure :
a. Perlindungan dari teroris
b. Etika
c. Tanggung jawab social
d. Peraturan Pemerintah


QUIZ 2

1. Apa yang membedakan antara Computer Base Information System (CBIS) dan Sistem Infomasi
2. Apa manfaat membuat Dokumen Blue Print sebelum mendisain Sebuah Sistem Informasi
3. Apa isi dari sebuah Dokumen Blue Print itu
4. Apakah yang membedakan antara konsep Digital Economy (New Economy) dengan Old Economy?
5. Apa beda Data, Informasi, dan Knowledge
6. Apakah Guna dari Sistem Informasi itu sebenarnya ?

1.
• information system (IS) sometimes refers to a system of persons, data records and activities that process the data and information in an organization, and it includes the organization's manual and automated processes.
• Computer-based information systems are the field of study for information technology, elements of which are sometimes called an "information system" as well, a usage some consider to be incorrect.

2.
• Menterjemahkan strategi bisnis ke dalam visi dari dikembangkannya teknologi informasi di lingkungan perusahaan. Bagaimanapun teknologi informasi harus bisa dijadikan salah satu strategic tools yang mendapatkan prioritas dari manajemen untuk membantu mencapai tujuan perusahaan. Sehingga dengan dibuatnya blueprint IT akan terlihat garis yang jelas antara strategi perusahaan dan IT yang dimiliki perusahaan.
• Mendefinisikan fungsi-fungsi utama dari bisnis (core business) dan informasi yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis (information requirements) sekaligus menterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa database, arsitektur, maupun teknologi.
• Menggambarkan fungsi-fungsi aplikasi yang dapat dimanfaatkan secara silang dalam sistem informasi perusahaan sehingga dapat diperoleh penyederhanaan fungsi/modul aplikasi yang akan digunakan oleh perusahaan.
• Menspesifikasi komponen sistem yang baku, yaitu data, aplikasi, dan platform teknologi. Dengan adanya spesifikasi standar tersebut, maka perusahaan dapat memilih solusi teknologi yang benar dan mengurangi keberagaman berbagai jenis perangkat IT. Pada akhirnya, perangkat IT yang tidak terlalu beragam akan menurunkan biaya pemeliharaan.
• Memudahkan vendor/kontraktor IT dalam memenuhi kebutuhan IT perusahaan, sekaligus terdapat alat/parameter yang jelas dalam melakukan user acceptance test atau mengukur tingkat keberhasilan proyek IT baik dari sisi waktu, biaya, maupun requirements. Blueprint IT merupakan dokumen kerja yang teknis, sehingga akan mudah untuk mencocokannya dengan realisasi aktual.
• Dengan adanya blueprint, maka aplikasi dapat langsung digunakan pada saat implementasi tanpa ada kesalahankesalahan yang tidak diperlukan. Seringkali pengembangan aplikasi gagal dalam tahap implementasi karena tidak adanya kesamaan antara harapan user dengan realisasi proyek yang diimplementasikan.
• Dengan adanya blueprint IT maka masing-masing departemen di dalam perusahaan mempunyai perspektif yang sama terkait dengan keberadaan dan pengembangan IT dalam perusahaan. Seringkali masing-masing departemen berselisih paham tentang bagaimana operasionalisasi dan pengembangan IT.
• Dengan adanya blueprint IT maka Departemen IT intern mempunyai arahan kebijakan yang jelas dalam melakukan pengembangan IT selanjutnya. Sehingga investasi dalam hal IT di masa-masa mendatang akan lebih sederhana karena didasarkan suatu cetak biru yang jelas.
o Tambahan :
Fungsi BluePrint adalah sebagai strategi perencanaan dan pengembangan dalam system informasi diperusahaan, yang merupakan bagian terintegrasi dari sebuah perencanaan korporat (corporate business plan). Hal ini berarti bahwa keberadaan system informasi merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam usaha pencapaian visi dan misinya.
3.
• Apa saja yang akan dilakukan oleh perusahaan atau organisasi 25 tahun yang akan datang
• Apa saja yang akan dibangun
• Layanan apa saja yang akan diberikan, berapa keuntungan yang harus didapatkan dalam waktu 25 tahun
• Seberapa jauh jangkauan layanan organisasi

4. Digital economy adalah ekonomi yang berdasar pada barang elektronik dan jasa yang di hasilkan oleh e-business dan kegiatan tukar menukar melalui e-commerce
Jadi intinya, dalam new ekonomi ini, lebih memanfaatkan jaringan internet dalam kegiatan bisnisnya. Ini sangat berbeda dengan old ekonomi yang masi tradisional. Dengan new economy, memungkinkan kegiatan bisnis berlangsung dimana dan kapan saja yang tidak dapat di lakukan dalam old economy.
5.
• Data adalah bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
• Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.
• Knowledge adalah keahlian dan kepandaian yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau pendidikan.
6. Definisi SI : Sistem Informasi adalah kombinasi teratur apapun dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi yang berguna dan dibutuhkan dalam sebuah organisasi.
• sbg area utama dalm bisnis
• kontributor penting dlm efisiensioperasional
• sumber utama informasi &dukungan yg d btuhkan tuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yg efektif
• bahan yg sgt pnting dlm mengembangkan produk dan jasayg kompetitif
• peluang karier yg dinamis
• komponen penting sumber daya ,infrastuktur,dan kemampuan perusahaan bisnis yg membentuk jaringan


SOAL PERTAMA

1. Apakah Pengertian dari Arsitektur TI itu?
2. Apakah Pengertian Infrastruktur TI itu?
3. Sebutkan 6 buah komponen dasar dari Sistem Informasi
4. Apa Beda E-Bussiness dan E-Commerce ?
5. Gambarkan Diagram Dasar dari sebuah Komputer
6. Apakah Clock speed, bus width, line width
1. Arsitektur TI= desain konseptual implementasi teknologi informasi yg meliputi hardware,software,&standar jaringan ,sumber daya data,portofolio,aplikasi ,serta organisasi TI

2. Infrastruktur TI=fasilitas fisik komponen TI ,jasa TI,&manajemen TI yg mnedukung keseluruhan organisasi.
3. Komponen SI=
• SDM
• Hardware
• Software
• Data
• Sistem informasi

4.
a. E-Business(dari buku KSI)
Penggunaan aplikasi jaringan internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis antara pembeli dan penjual (termasuk e business,komunikasi perusahaan serta kerja sama dalam perusahaan dan dengan pelanggan ,pemasok,&pemilik)

b. E-commerce
Pembelian dan penjualan pemasaran &pelayanan produk dgn informasi atas berbagai jenis jaringan komputer.
5.


6.
a. clock speed =kecepatan dari komputer yg memonitor semua aktivitas dr chip di ukur dlm Ghz dan Mhz.
b. BUSWIDTH= ukuran dari jalur data yg data & unsurnya bergerak dl gelombang listrik.
c. LINEWIDTH=jarak antara transistor.


SOAL KEDUA


1. Apakah yang disebut dengan Sistem Sofware itu ? Sebutkan macam-macam jenis Operating System.
2. Apakah Sistem monitoring Performansi, dan Sistem Monitor Security
3. Apakah Sistem Kontrol Program ?Sebutkan apakah fungsi dari Sistem Sopport Program, System Utilities?
4. Apakah yang disebut Software Aplikasi itu?
5. Apakah Bahasa Pemrogramman (Programming Language) itu?
6. Apakah yang membedakan antara Personal Software, Multimedia/CAD Software, Sofware Komunikasi, Alien Sofware
7. Apakah Virtual Language dan Hypertext Language itu? Terangkan maksud dan istilah HTML, XML, UML.
8. Apakah Bahasa Asembly, Prosedur/Non Prosedur Language itu?
9. Apakah yang Obyek Oriented Programming itu?
JAWAB

1. System software ialah software yang menyediakan infrastruktur supaya program dapat beroperasi. sistem software mengatur dan mengontrol hardware komputer sehingga aplikasi software dapat berjalan
 Terdiri
• Utility System
• Device driver
• Operating system

2. Performance monitor system=
 Paket software yg memonitor pemorisesan istem kompuer,membantu jadwal yg tlah direncanakan yg dapat mengoptimalkan kinerja system komputer,serta menghasilkan statistic terinci .
System security monitor=
 Paket software yg menmonitor penggunaan system komputer dan melindungi sumber daya dari penggunaan yg tdak sah,penipuan,dan vandalisme.


3. System control program ialah sebuah system yg mengedaliakn program-program supaya beroperasi dengan efisien dan efektif.

4. Software aplikasi =program yg menetukan & mendukung aktifirtas pemrosesan informasi yg d butuhkan tuk penyelesaian tugas dari pemakai komputer.

5. Program language=bahasa yg di gunakan tuk mengembangkan perintah dlm komputer

6. Alien software:
 software yang tidak di kenali oleh software itu sendiri.
Personal software:
 Paket software yang disesuaikan dengan kebutuhan yg yg I butuhakan oleh pemakainya.
Multimedia:
 menyediakan informasi dgn menggunakan berbagai media.

7. Hypertext=
 teks dalam bentuk elektronik yg tlah dibberi indeks dan dihubungkan oleh software dlm berbagai cara agar dapat secara acak serta interaktif di cari oleh pemakai.
HTML=
 Bahasa yg mendeskripsikan halaman web terkenal tuk menciptakan hypertext dan dokumen hypermedia tuk world wide web serta situs web intranet.
Virtual language=
 bahsa yg digunakan dalam jaringan telekomunikasi dan teknologi inormasi lainnya untuk menghubungkan orangh,asset,dan ide dari berbagai pemakai.
XML=
 bahasa pendeskripsian isi dokemen web yg menjelaskan dari berbagai halaman web dgn mengaplikasiakn etiket pengidentifikasian tersembunyi /label kontesktual pada data di dokumen web.
Unified Modeling Language (UML)
 adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. UML tidak berdasarkan pada bahasa pemrograman tertentu. Standar spesifikasi UML dijadikan standar defacto oleh OMG (Object Management Group) pada tahun 1997.UML yang berorientasikan object mempunyai beberapa notasi standar.

8. Assembler language=
 bahasa pemograman yg menggunakan symbol” tuk mewakili kode operasional dan lokasi penyimpanan.

9. Program yg menggunakan berbagai operasi system computer (oriented program)


SOAL KETIGA

1. Terangkan respon-respon perusahaan dalam menghadapi Digital Economy (Strategic Systems, Customer Focus, Make-to-Order, Mass Customization, E-business and E-commerce) !

2. Dalam arsitektur microprosessor ada istilah CISC dan RISC. Apakah maksud istilah tersebut?

3. Apakah ciri-ciri komputer generasi ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6?

4. Terangkan istilah RAID, SAN, dan NAS dalam membahas media penyimpanan enterprise?



JAWABAN

2. CISC adalah Arsitektur komputer dengan kumpulan perintah yang rumit.
CISC dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit).

RISC adalah Arsitektur komputer dengan kumpulan perintah yang sederhana.
RISC menyederhanakan rumusan perintah sehingga lebih efisien dalam penyusunan kompiler yang pada akhirnya dapat memaksimumkan kinerja program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.

3. Komputer generasi ke 3
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.

Kemudian,
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi "ON" ataupun "OFF" yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.

Contoh : IBM S-360.

Komputer generasi ke 4
Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.

Contoh : Aple generasi 1.

Komputer generasi ke 5
Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model nonNeumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Contoh : non Neumann.

Komputer generasi ke 6
(Data tidak diketemukan, ketika googling.)

4. RAID (Redundant Array of Inexpensive Disk) adalah konfigurasi beberapa harddisk untuk membuat penyimpanan data lebih cepat dan atau lebih aman.

SAN (Storage-area Network)adalah network private (menggunakan protokol storage daripada protokol network) yang menghubungkan server dan unit penyimpanan. Keunggulan SAN terletak pada fleksibilitasnya. Sejumlah host dan storage array dapat di attach ke SAN yang sama, dan storage dapat dialokasikan secara dinamis pada host. Sebuah SAN switch mengizinkan atau melarang akses antara host dan storage. Sebagai contoh, apabila host kehabisan disk space, maka SAN dapat mengalokasikan storage lebih banyak pada host tersebut.

Network-Attached Storage (NAS) device adalah sebuah sistem penyimpanan yang mempunyai tujuan khusus yaitu untuk diakses dari jauh melalui data network. Klien mengakses NAS melalui RPC ( remote-procedure-call) seperti NFS untuk UNIX atau CIFS untuk Windows. RPC dibawa melalui TCP atau UDP (User Datagram Protocol) dari IP network biasanya dalam local-area network (LAN) yang sama dengan yang membawa semua lalu lintas data ke klien. Unit NAS biasanya diimplementasikan sebagai sebuah RAID array dengan software yang mengimplementasikan interface RPC.

0 comments:

Posting Komentar

 

Twitter Blog Templates © Copyright by http://AF-binus.blogspot.com
BiNusian Sharing Blog
| Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks