Sabtu, 01 November 2008

pengamenbis pert 4 - Komunikasi dan Teknologi Informasi

TwitThis
Komunikasi dan Teknologi Informasi


Tugas 1

Pertemuan 4

1. Sebutkan dan jelaskan unsur yang terdapat dalam proses komunikasi yang efektif??
 Pengirim (Sender)
Meruapakan orang yang memberikan informasi atau pesan kepada penerima.
 Pesan (Message)
Sebuah informasi yang ingin disampaikan dari pengirim kepada penerima.
 Encoding
Merupakan suatu proses perubahan pesan menjadi suatu simbol – simbol tertentu misalnya seperti tabel, diagram, dan lain – lain.
 Saluran (Media)
Pesan yang dikirim harus melalui suatu media, media – media pengiriman informasi seperti Handphone, surat, televisi, komputer, dan lain – lain.
 Decoding
Proses perubahaan data dari sebuah simbol menjadi sebuah informasi contohnya seperti penjelas seseorang mengenai tabel atau diagram yang diterima.
 Penerima (Receiver)
Merupakan orang yang menerima pesan atau informasi dari pengirim.
 Umpan balik (Feedback)
Proses di mana seberapa cepat seorang penerima informasi membalas jawaban kepada si pengirim.
 Kegaduhan (Noise)
Gangguan yang terjadi pada saat terjadinya proses komunikasi baik itu encoding, decoding, umpan balik, dan lain sebagainya.

2. Mengapa faktor budaya bisa menjadi hambatan serius dalam komunikasi yang efektiff?
Karena setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Misalnya mimik wajah, intonasi suara, kesamaan bahasa komunikasi. Walaupun suatu komunikasi telah disampaikan tapi pesan dari komunikasi tersebut tidak tersampaikan maka bukan merupakan suatu komunikasi yang efektif. Contohnya seperti Orang Batak memiliki kebudayaan dengan suara keras dan Orang Jawa memiliki kebudayaan suara yang lembut. Orang Jawa juga menganggap bahwa berbicara terlalu keras berarti tidak sopan. Dan bisa terjadi kesalahpahaman bila tidak adanya saling pengertian di antara suku tersebut.
Sehingga agar tidak terjadi kesalah pahaman atau untuk mengatasi hambatan diperlukan suatu cara untuk mendapatkan informasi yang efektif. Misalnya karena Indonesia memliki beragam budaya dan bahasa daerah dibuatlah bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia. Sehingga apa yang disampaikan oleh seorang suku Jawa kepada seorang suku Minang bisa tersampaikan dengan baik dan dimengerti maksudnya dan terciptalah komunikasi yang efektif.
Oleh karena itu budaya menjadi salah satu hambatan serius dalam komunikasi yang efektif.

3. Salah satu tugas manajer adalah menciptakan sistem komunikasi yang efektif dalam organisasi yang dia pimpin. Apa maksudnya???

Karena tugas seorang manajer salah satunya menghubungkan Direktur dengan para pekerja. Agar bisa tercapai komunikasi yang efektif seorang sebagai Manajer tingkat atas menyampaikan informasi kepada manajer tingkat menengah, misalnya seperti target atau omset untuk bulan ini. Agar terjadi komunikasi yang efektif kepada manajer tingkat bawah, manajer tingkat tengah menyampaikan informasi target bulan tersebut kepada manajer tingkat bawah. Dan manajer tingkat bawah mengerti apa yang disampaikan oleh manajer tingkat atas melalui manajer tingkat tengah. Selain itu manajer tingkat tengah juga dapat menyampaikan aspirasi atau pendapat dari manajer tingkat bawah atau para pekerja kepada manajer tingkat atas. Sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan baik. Dan terjadilah komunikasi yang efektif di dalam organisasi tersebut.

4. Banyak organisasi yang menganggap bahwa komunikasi itu merupakan sesuatu yang sangat vital, sehingga harus dipraktikkan dengan tepat dan benar. Berikan contoh bahwa suatu organisasi itu dapat hancur kalau anggota organisasi mengabaikan peranan komunikasi itu???

Contohnya seperti Manajer tingkat atas menyampaikan omset untuk tahun ini harus dipenuhi di atas 50%. Namun karena komunikasi yang kurang efektif, manajer tingkat menengah salah mengerti maksud dari manajer tingkat atas. Manajer tingkat tengah pun menyampaikan apa yang disampaikan dari manajer tingkat atas. Namun berbeda yaitu omset untuk tahun ini yang harus dipenuhi hanya 30%. Manajer tingkat bawah pun bekerja dan hasilnya hanya mencapai tidak sampai 30%. Perusahaan akhirnya mengalami kerugian dan bisa mengakibatkan kebangkrutan.
Selain itu, contoh yang lain adalah penyampaian aspirasi dari para pekerja terhadap atasan. Namun, karena manajer tidak menyampaikan aspirasi dari para pekerja maka para pekerja melakukan demo dan mogok kerja. Akhirnya perusahaan juga mengalami kerugian.
Itulah yang menyebabkan komunikasi sebagai suatu yang vital di dalam perusahaan.

by: Richi Becker

0 comments:

Posting Komentar

 

Twitter Blog Templates © Copyright by http://AF-binus.blogspot.com
BiNusian Sharing Blog
| Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks