Kamis, 03 Februari 2011

Quiz SIM 05 PAY

TwitThis

1. a . Jelaskan pengertian enterprise system !

Sistem informasi yang mcakup kseluruhan aplikasi sistem dalam perusahaan , dan dapat dipakai oleh seluruh user/karyawan perusahaan termasuk para eksekutif

b. sebutkan jenis2 enterprise system dan penjelasan singkatnya !

EIS , ESS , MSS , ERP , ERP 1 , PLM , BAM

Executive Information System (EIS) adalah sistem computer-based yang membantu executive dalam mengakses data dan informasi untuk mengetahui suatu permasalahan, meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategic planning.

Executive Support System (ESS) membantu para eksekutif mengatur interaksi mereka dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa di akses seperti kantor.

Decision Support System (DSS) merupakan perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan, tujuan digunakannya system ini adalah sebagai “second opinion” atau “information source” yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan sebelum seorang manajer memutuskan kebijakan tertentu. Executive Support System (ESS)

2. a. SCM adalah sebuah proses di mana produk diciptakan dan disampaikan kepada konsumen dari sudut struktural. supply chain (rantai suplai) merujuk kepada jaringan yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen

b. sebutkan aliran SCM

-Bagian upstream (hulu) meliputi aktivitas dari suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurannya, aktivitas yang utama adalah pengadaan.

-Bagian dari internal supply chain meliputi semua proses pemasukan barang ke gudang yang digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam organisasi itu.

-Bagian downstream (arah muara) meliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepada pelanggan akhir, perhatian diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service.

c. apa tujuan diterapkannya SCM

untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan. Rantai suplai yang terintegrasi akan meningkatkan keseluruhan nilai yang dihasilkan oleh rantai suplai tersebut.

d. jelaskan masalah utama SCM

Distribusi Konfigurasi Jaringan: Jumlah dan lokasi supplier, fasilitas produksi, pusat distribusi, gudang dan pelanggan.

Strategi Distribusi: Sentralisasi atau desentralisasi, pengapalan langsung, berlabuh silang, strategi menarik atau mendorong, logistik orang ke tiga.

Informasi: permintaan sinyal, perkiraan, inventaris dan transportasi dsb.

Manajemen Inventaris: Kuantitas dan lokasi dari inventaris termasuk barang mentah, proses kerja, dan barang jadi.

Aliran dana: Mengatur syarat pembayaran dan metodologi untuk menukar dana melewati entitas didalam rantai suplai.

3. a. Kendala mengimplementasikan ERP !

-Pre-implementation tidak dilakukan dengan baik

-Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya

-Orang-orang tidak disiapkan untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru

b. apa tujuan CRM

untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. Selain itu, CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.

4. a sebutkan dan jelaskan batasan atau kendala e-commerce

Keterbatasan e-Commerce (e-Bisnis)

· Ketahanan perubahan, karena ngubah sistemnya jadi elektronik tentu harus banyak training dll, supaya sistemnya berjalan dengan baik

· Integerasi e commerce dengan lingkungan bisnis, antar proyek harus terintegrasi

· Keterbatasan tenaga ahli dan outsourcing, kalo terbatas SDMnya dalam perusahaan bisa melakukan outsourcing

· Aliansi, kyk amazon kan produk2 nya dengan jutaan aliansi yang lain

· Perencanan implementasi, saat mau implementasi harus secara matang di pikirin, keuangan, teknologi dan masalah etis

· Memilih strategi perusahaan menuju ecommerce, ada 3 nih, lead : besar2an, watch and wait : tidak melakukan apa2, tp berhati2 melihat apa yang terjadi, Experiment : nyoba2

· Privacy : perlindungan identias, masalah prvasi mencakup pelacakan aktivitas internet pengguna melalui intteligent agents dan cookies

· Membenarkan ecommerce dengan melakukan analisis biaya manfaat yang sulit

· Pemenuhan order, mengambil order dalam EC lebih mudah dari pada mengaturnya

· Mengatur dampakk, Dampak dari struktur organisasi ecommerce, orang2 , prosedur , dan keuntungan mungkin dramatis. Tapi membangun strategi ecommerce merupakan kebutuhan.

o Keterbatasan Teknis

o biaya solusi teknologi

o beberapa protokol yang tidak standar di seluruh dunia

o keandalan untuk proses tertentu

o telekomunikasi bandwidth tidak mencukupi

o tidak tetap tetapi terus berkembang (mis. Netscape 3,4,4.7,4.75 dll)

o keterbatasan akses dial-up, kabel, ISDN, wireless

o beberapa vendor memerlukan software tertentu untuk menampilkan fitur pada halaman mereka, yang tidak umum digunakan dalam browser standar yang digunakan oleh mayoritas

o Kesulitan dalam mengintegrasikan infrastruktur e-Commerce dengan sistem organisasi TI saat ini

o Keterbatasan Non-Teknis

o pelanggan takut informasi pribadi yang digunakan salah

+ Isu privasi

o harapan pelanggan yang tidak terpenuhi

o peraturan dan ketentuan (mis. Jan 2004 Bill C6 - hukum privasi baru)

o keamanan dan privasi

+ Kerentanan terhadap penipuan dan kejahatan lainnya

o kurangnya kepercayaan dan ketahanan pengguna

+ Takut informasi pembayaran yang aman

o taktil keterbatasan

Schnieder o, 3rd ed. menambahkan "banyak bisnis menghadapi hambatan budaya dan hukum"

+ Hukum isu-isu yang beredar seperti yurisdiksi

+ Lingkungan hukum memiliki hukum-hukum baru dan banyak yang saling bertentangan

+ Budaya hambatan

+ Linguistik tantangan

o keterbatasan layanan dukungan

+ Keuangan biaya

+ Dukungan teknis sumber dalam bahasa asing

o kurangnya massa kritis di daerah pasar tertentu bagi penjual dan pembeli

aksesibilitas o luar kota / universalitas efek pinggiran kota dan daerah

o pelatihan karyawan yang lebih tinggi diperlukan untuk klik dan mortir

o perlawanan masyarakat untuk mengubah

orang o tidak digunakan untuk berwajah / paperless / transaksi non-fisik

b. sebutkan transaksi ecommerce

B2B : sama2 organisasi bisnis,

B2C : Organisasi bisnis ke konsumen,

Collaborative commerce : mitra bisnisnya berkolaborasi secara elektronik,

C2B : konsumen nyari yang bisa penuhin kebutuhan dia, nah pemasok bersaing biar bisa Menuhi

C2C : konsumen ngejual ke konsumen lain.

Intraorganizational Business : Pake EC dalem internal perusahaannya, contohnya B2E untuk ke karyawan.

G2C : dari pemerintah ke warga negaranya pake EC

M-commerce : e commerce yang bisa mobile

c. sebutkan benefit e-commerce scr garis besar

Manfaat Dasar eCommerce eBusiness

o meningkatkan penjualan - ini adalah hal pertama yang orang menganggap ketika berhadapan w e-commerce

o mengurangi biaya

o menyediakan kutipan harga

o meningkatkan keuntungan

o memahami bahwa keuntungan adalah tidak sama dengan penjualan

o Memperluas ukuran pasar dari daerah untuk nasional atau nasional untuk internasional

o Kontrak pasar

o mencapai pasar yang sempit

o target segmentasi pasar memungkinkan Anda untuk fokus pada yang lebih

pilih kelompok pelanggan

o dan karena itu memiliki keunggulan kompetitif dalam memuaskan mereka

Mengurangi biaya

o biaya untuk menciptakan produk

o pemasaran

o materi promosi

o biaya distribusi

o misalnya. Netscape memungkinkan Anda untuk men-download daripada menunggu untuk mendapatkan CD melalui pos

o Biaya pengolahan (pesanan dari pelanggan)

o ulangi kegiatan dan pengolahan informasi

o menangani panggilan telepon pelanggan

o penanganan permintaan penjualan

o menentukan ketersediaan produk (manajemen persediaan)

o biaya menyimpan informasi

d. sebutkan metode iklan yg dpt dilakukan melalui internet

E-mail iklan

Email iklan sah atau pemasaran E-mail ini sering dikenal sebagai "opt-in e-mail advertising" untuk membedakannya dari spam.

Affiliate marketng

Affiliate marketing adalah bentuk periklanan online di mana pengiklan tempat kampanye dengan sejumlah berpotensi besar kecil (dan besar) penerbit, yang hanya membayar biaya media saat lalu lintas ke pengiklan meraih, dan biasanya pada hasil kampanye tertentu diukur (membentuk , penjualan, tanda-up, dll). Hari ini, ini biasanya dilakukan melalui kontrak dengan jaringan afiliasi.

Afiliasi pemasaran adalah penemuan oleh CDNow.com tahun 1994 dan unggul oleh Amazon.com ketika meluncurkan Program Afiliasi, disebut Program Associate pada tahun 1996. Pengecer online yang digunakan program untuk menghasilkan paparan merek biaya rendah dan diberikan pada saat yang sama situs kecil cara untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Behavioral targeting

Selain penargetan kontekstual, iklan online dapat ditargetkan berdasarkan clickstream masa lalu pengguna. Misalnya, jika pengguna diketahui baru-baru ini mengunjungi sejumlah belanja otomotif / situs perbandingan berdasarkan analisis clickstream diaktifkan oleh cookie disimpan di komputer pengguna, pengguna kemudian dapat dilayani iklan otomatis yang bersangkutan pada saat mereka kunjungi lainnya, non- situs otomotif.

Semantic advertising

iklan Semantic menerapkan teknik analisis semantik ke halaman web. Proses ini dimaksudkan untuk secara akurat menginterpretasikan dan mengklasifikasikan makna dan / atau subjek utama dari halaman, kemudian mengisinya dengan spot iklan bertarget. Dengan erat menghubungkan konten untuk iklan, diasumsikan bahwa pemirsa akan lebih mungkin untuk menunjukkan minat (yaitu, melalui keterlibatan) dalam produk yang diiklankan atau jasa.

5. a. sebutkan karakter functional information system

b. apa yg dimaksud tps? dan tujuan utama tps

TPS adalah system yang mengautomisasi penanganan data tentang kegiatan usaha atau transaksi, yang dapat dianggap sebagai sederhana, peristiwa diskrit dalam kehidupan organisasi.

Data tentang setiap transaksi ditangkap, transaksi diverifikasi dan diterima atau ditolak dan divalidasi transaksi disimpan untuk agregasi nanti. Laporan dapat dihasilkan segera untuk memberikan summarizations standar transaksi dan transaksi dapat dipindahkan dari proses ke proses untuk menangani semua aspek kegiatan usaha.

Analisis dan desain TPS berarti berfokus pada prosedur kini perusahaan untuk transaksi pengolahan, apakah prosedur tersebut secara manual atau otomatis. Fokus pada prosedur saat ini menyiratkan hati-hati pelacakan data, aliran pengolahan menangkap, dan output. Tujuan pembangunan TPS adalah untuk meningkatkan pemrosesan transaksi dengan mempercepat itu, menggunakan lebih sedikit orang, meningkatkan efisiensi dan akurasi, mengintegrasikannya dengan sistem informasi organisasi atau memberikan informasi yang sebelumnya tidak tersedia.

TPS mengumpulkan, menyimpan, memodifikasi, dan mengambil transaksi dari sebuah organisasi. Transaksi adalah suatu peristiwa yang menghasilkan atau memodifikasi data yang akhirnya disimpan dalam sistem informasi.

6a. apa karakteristik dari knowledge ?

b. sebutkan 5 alasan karyawan tidak mau mensharingkan ilmunya ?

1 comments:

@pirapii mengatakan...

2 a. pengertian SCM

koordinasi sistematis, strategis fungsi bisnis tradisional dalam sebuah perusahaan khususnya dalam rantai pasokan dengan tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan dan arus rantai pasokan secara keseluruhan.

2 b. SUPPLIER DARI SUPPLIER - SUPPLIER - PERUSAHAAN - PEMASOK - END USER

2 c. melakukan efektifitas dan efisiensi mulai dari suppliers, manufacturers, warehouse dan stores.

2 d. - jumlah variasi dari sebuah produk meningkat di pasaran, terjadi pelemparan merk produk yang diinginkan customer, sehingga produsen kewalahan dalam mengkategorikan produk

- penurunan daur hidup produk

- meningkatnya permintaan dari customer secara mendadak

- framentation of supply chain (supply chain pecah menjadi beberapa bagian) melibatkan bnyk pihak dan pihak tersebut mementingkan kepentingannya sendiri2, membuat supply chain semakin kompleks

- globalisasi

Posting Komentar

 

Twitter Blog Templates © Copyright by http://AF-binus.blogspot.com
BiNusian Sharing Blog
| Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks