Selasa, 16 November 2010

Kisi - Kisi UTS PSI

TwitThis
download via ziddu
download via 4 shared by rendy

1. Yang di maksud dengan SI, jelaskan contoh !
JWB :
Sistem informasi adalah satu kumpulan dari orang, data, proses, komunikasi, dan TI yang saling berhubungan untuk mendukung dan memperbaiki operasi bisnis dari hari ke hari, seperti mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang dibutuhkan oleh manajemen dan pengguna (user).
CONTOH SI : E-commerce, E-Bussiness, OnLine Store..

2. Perbedaan front office dan back office information system dan apa hubungan keduanya dengan ERP!
JWB:
Front office I. S. = SI yang mendukung fungsi2 bisnis yang meluas ke pelanggan2 organisasi.

Back office I. S. = SI yang mendukung operasi bisnis internal sebuah organisasi, dan juga mencapai para penyuplai

3. Siapa saja yang disebut dengan stakeholders dalam PSI ?
– System owners
– System users
– System analysts
– System designers
– System builders

4. Apa yang anda ketahui dengan SDLC, jelaskan tahapan2nya !
JWB:
1 set aktivitas, metode, praktek terbaik, siap dikirimkan, dan peralatan terotomasi yang digunakan stakeholder untuk mengembangkan dan memelihara SI dann software

Langkah2nya :
a. Inisiasi sistem
menentukan bgmn menanggapi peluang dan prioritas bisnis diterapkan melalui studi kelayakan (Studi awal untuk merumuskan informasi yang dibutuhkan pmakai akhir)

b. Analisis sistem
studi mendalam ttg informasi yang dibutuhkan oleh end user, yg menghslkan persyaratan fungsional, yg menjd dasar utk desain sistem yg baru

c. Desain sistem
aktivitas desain yang menghasilkan spesifikasi sistem yang memenuhi persyaratan fungsional

d. Implementasi sistem
menguji sistem, melatih orang2 utk menggunakan n mengoperasikannya

e. Pemeliharaan sistem
Mengawasi, mengevaluasi, memodifikasi sistem bisnis sesuai kebutuhan



5. Apa yang anda ketahui tentang Pieces, jelaskan dan beri contoh !
Ada di bwh

6. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang CMM, apa tujuannya ?
CMM (Capabality maturity model) :
Sebuah framework untuk menilai tingkat kemantangan suatu organisasi dalam melakukan pengembangan sistem informasi, proses managemen dan produk2.
Tujuan :
Membantu organisasi memperbaiki kematangan proses2 pengembangan sistem mereka

7. Apa perbedaan Identifying dan non identifying relationship ?
Identifying :
Hubungan yg tiap entitasnya memiliki primary key nya sendiri

Non :
Hubungan yang key entitasnya juga merupakan bagian dari primary key entitas anaknya

8. Apa yang dimaksud dengan associate entity ? Kapan digunakan dan contohnya !
Entitas yang menerima primary key lebih dr 1 entitas lain.
Kpn digunakan n contohnya gw ga tau



Level-level pada cmm adalah:
- tingkat 1 = permulaan.
Di sebut dengan anarki atau kekacauan. Pada tingkat ini, proyek pengembangan sistem tidak mengikuti proses yang konsisten. Tiap tim pengembangan menggunakan peralatan dan metode mereka sendiri.
- tingkat 2 = dapat diulang
pada tingkat ini, proses dan praktik manajemen proyek dibentuk untuk melacak biaya, jadwal, dan fungsionalitas proyek. Fokusnya adalaha manajemen proyek.
- tingkat 3 = terdefiniskan
pada tingkat ini, proses pengembangan sistem standar di beli atau di kembangkan. Semua proyek menggunakan versi disesuaikan proses ini untuk mengembangkan dan merawat sistem informasi dan perangkat lunak. Proses ini stabil, dapat diduga, dan dapat diulang.
- tingkat 4 = terkelola
pada tingkat ini, tujuan-tujuan dapat diukur untuk kualitas dan produktivitas di bentuk. Ukuran2 terinci proses pengembangan sistem informasi standard dan kualitas produk secara rutin dikumpulkan dan di simpan dalam database
- tingkat 5 = teroptimalisasi
pada tingkat ini, proses pengembangan sistem terstandarisasi secara berkesinambungan di monitor dan diperbaiki berdasarkan ukuran2 dan analisis data yang dibentuk pada tingkat 4.

3. Prinsip2 pengembangan sistem informasi:
- libatkan para pengguna sistem
para analisis, programe dan speasialisasi TI lainnya meyebut pada ”sistem saya”
- gunakan pendekatan pemecahan masalah
menggunakan pendekatan tersebut untuk pembangunan sistem.
- bentuklah fase dan aktivitas
jumlah dan lingkup fase dan aktivitas bervariasi dari penulis ke penulis, ahli ke ahli, metodologi ke metodologi dan bisnis ke bisnis.
- bentuklah standar
semua SI diintegrasikan sedemikian rupa sehingga mereka berkelakuan sebagai sistem tunggal.
- membenarkan sistem informasi sebagai investasi modal
perusahaan yangmenggunakan dana untuk sistem harusnya sebagai pengeluaran biaya tersebut sebagai investasi bukan biaya proses.
- jangan takut untuk untuk membantalkan atau merevisi lingkup
jangan takut untuk membatalkan dan menggubah lingkup tanpa menghiraukan berapa banyak uang yang telah dikeluarkan sejauh ini.
- bagilah dan tahklukan
semua SI harus di bagi menjadi bagian2 agar dapat dilakuan pemecahan masalah
- desain sistem untuk pertumbuhan dan perubahan

4. Aktivitas siklus kehidupan
a .Operasi sistem:
ketika sistem berputar ke pngembangan ke operasi dan perawat, sebuah konversi harus terjadi/muncul.
b. Operasi dan perawatan sistem :
pada suatu waktu, penurunan/penuaan muncul dan sebuah sistem berputar dari operasi dan perwatan ke pengembangan ulang.

5. Metodologi pengembangan sistem :
Proses pengembangan sistem secara formal dan tepat yang mendefinisikan serangkaian kegiatan, metode, best practise, keluaran dari proses dan tools automasi yang digunakan oleh pengembangan sistem dan manager proyek yang digunakan untuk mengembangakan dan merawat sebagian atau seluruh sistem informasi dan piranti lunak.

6. Building block :
sistem untuk menghindari ketidakkonsistenan dan ketidakkompatibelan dalam sistem, misalnya desainer database dan programer memiliki pandangan arsitektural mereka sendiri.

7. blok pembangunan sistem informasi ada 3 :
- blok pembangunan pengetahuan:
memperbaiki pengetahuan bisnis adalah tujuan mendasar SI melalui permrosesan, data diolah untuk menghasilkan info yang menghasilakn pengetahuan bagi perusahaan untuk visi dan misi.
- blok pembagunan proses:
Memperbaiki proses bisni dan layanan. Proses mengirimkan fungsionalitas SI yang di inginkan. Proses mewakili kerja dalam sistem.
- blok pembangunan komunikasi
Tujuanya untuk memperbaiki komunikasi dan kolaborasi bisnis antara karyawan dan usur pokok lainnya.


8. Framework PIECES

P Kebutuhan untuk mengoreksi atau memerbaiki performance/performa.
I Kebutuhan untuk mengoreksi atau memerbaiki information/informasi.
E Kebutuhan untuk mengoreksi atau memerbaiki economics/ekonomi. mengendalikan biaya, atau meningkatkan keuntungan.
C Kebutuhan untuk mengoreksi atau memerbaiki control/control atau keamanan.
E Kebutuhan untuk mengoreksi atau memerbaiki effiency/efisiensi orang dan proses.
S kebutuhan untuk memperbaiki service atau layanan ke pelanggan, pemasok, rekan kerja, karyawan, dan lain2.


P = PERFORMANCE
A. Produksi
jumlah kerja selama periode waktu tertentu.
B. Waktu respons
Penundaan rata-rata antara transaksi atau permintaan dengan respond ke transaksi atau permintaan tersebut.

I = INFORMATION
A. Output
1. Kurangnya informasi
2. Kurangnya informasi yang diperlukan
3. Kurangnya informasi yang relevan
4. Terlalu banyak informasi
5. Informasi yang tidak dalam format yang berguna
6. Informasi yang tidak akurat
7. Informasi yang sulit untuk diproduksi
8. informasi yang tidak tepat waktunya untuk penggunaan selanjutnya.

B. Input
1. Data tidak di capture
2. Data tidak di capture pada waktunya untuk berguna
3. Data tidak di capture secara akurat, terdapat error.
4. Data sulit di capture
5. Data di capture secara berlebihan, data yang sama di capture lebih dari sekali
6. Terlalu banyak data di capture.
7. Data illegal di capture.
C. Data tersimpan
1. Data disimpan secara berlebihan dalam banyak file dan atau database
2. Item-item data sama memiliki nilai-nilai berbeda dalam file-fie berbeda.
3. Data tersimpan tidak akurat
4. Data tidak aman dari kecelakaan atau vancalisme
5. Data tidak diorganisasikan dengan baik
6. Data tidak flexible, tidak mudah untuk memenuhi kebutuhan informasi baru dari data tersimpan.
7. Data tidak dapat di akses


E = ECONOMICS
A. Biaya
1. Biaya tidak di ketahui
2. Biaya tidak dapat dilacak ke sumber
3. Biaya terlalu tinggi

B. Keuntungan
1. Pasar-pasar baru dapaet di eksplorasi
2. Pemasaran saat ini dapat diperbaiki
3. Pesanan-pesanan dapat ditingkatkan

C = CONTROL
A. Keamanan atau kontrol terlalu lemah
1. Input data tidak diedit denga cukup
2. Kejahatan terhadap data
3. Etika di langgar pada data atau informasi, yang artinya mengacu pada data atau informasi yang mencapai orang-orang yang tidak mempunyai wewenang
4. Data tersimpan secara berlebihna tidak konsisten dalam file-file atau database-database yang berbeda.
5. Peraturan atau panduan privasi data di langgar
6. Error pemrosesan terjadi (oleh manusia, mesin dan software)
7. Error pembuatan keputusan terjadi.

B. Kontrol atau keamanan berlebihan
1. Red tape (prosedur) birokratis memperlamban system.
2. Pengendalian menggangu para pelanggan atau karyawan
3. Pengendalian berlebihan menyebabkan penundaan pemrosesan

E = EFFICIENCY
A. Orang, mesin, atau computer membuang waktu
1. Data secara berlebihan di input atau di salin
2. Data secara berlebihan diproses
3. Informasi secara berlebihan dihasilkan
B. Orang, mesin, atau computer membuang material dan persediaan
C. Usaha yang dibutuhkan untuk tugas-tugas terlalu berlebihan
D. Material yang di butuhkan untuk tugas-tugas terlalu berlebihan

S = SERVICE
A. Sistem menghasilkan produk yang tidak akurat
B. Sisetm menghasilkan produk yang tidak konsisten
C. Sistem menghasilkan produk yang tidak dapat dipercaya
D. Sistem tidak mudah dipelajari
E. Sistem tidak mudah digunakan
F. Sistem canggung untuk digunakan
G. Sistem tidak felxibel apa situasi baru atau tidak umum
H. Sistem tidak kompatibel dengan sistem-sistem lain


8. Komponen2 dari perusahaan adalah
- data perusahaan
- brainware perusahaan
- software perusahaan
- hardware perusahaan
- prosedur perusahaan


Cross live cycle activities :
Aktivitas apapun yg saling menggantikan byk/smua fase proses pengembangan system
Tahap2nya:
1. Penemuan fakta
Mempelajari kosakata, mslh, kesempatan, batasan, persyaratan, prioritas bisnis

2. Dokumentasi n presentasi
Dokumentasi : Pencatatan fakta2 & spesifikasi2 sbuah sistem, untuk referensi saat ini dan di masa depan
Presentasi : Pengkomunikasian penemuan, rekomendasi, dan dokumentasi untuk tinjauan ulang oleh para pengguna dan manajer yang tertarik

3. Analisis kepraktisan
Aktivitas tempat kepraktisan diukur dan dinilai

4. Manajemen proses dan manajemen proyek
M. proses : mendefinisikan metodologi utk digunakan pada tiap proyek
m. proyek : mengelola contoh tunggal proses

Beda logical dan physical design
Logical :
Penerjemahan persyrtn2 pengguna bisnis ke dlm suatu model system yg menggambarkan hanya persyaratan2 bisnis (BUKAN desain teknis / implementasi persyaratan tsb)

Physical:
Penerjemahan persyrtn2 pengguna bisnis ke dlm suatu model system yg menggambarkan implementasi teknis persyaratan2 bisnis user tsb

Model driven development :
1 strategi pengembangan system yang menekankan pembuatan gambar model2 sistem utk membantu visualisasi n analisis masalah, mendefinisikan persyaratan bisnis dan mendesain SI

RAD :
1 strategi pengembangan system yang menekankan kecepatan pengembangan melalui keterlibatan pengguna yang ekstensif dalam konstruksi, cepat, berulang, n bertambah serangkaian prototype bekerja sebuah sistem yang pada akhirnya berkembang ke dalam sistem final.

Commercial off-the-shelf (COTS) software is a software package or solution that is purchased to support one or more business functions and information systems.


Kasus:
> -DFD
> -Normalisasi
> -Relationship & Cardinality

Essay:
> -Transaction Proccessing
> -Information Proccessing
> -DSS
> -Manajemen Informasi
> -DT (entah apa ini..hehehe..)
> -6 Grup Dalam Pengembangan SisFo
> -Diagram PIECES & Zachmann

1. pertemuan 1-6
2. building book
3. PIECES
4. ERD & DFD ( 2 soal kasus)

thx to : rendy's blog (http://faithside.blogspot.com)

2 comments:

Antonius Felix mengatakan...

tambahan tp gw ngga ngerti , ga ada bukunya nih :

Kisi^ PSI :
CMM - hal 78
Gambar siklus hidup sistem - hal 80
Prinsip mendasar pengembangan sistem - hal 81
Perbedaan model logika dan fisik, proses modeling, dfd - hal 326

back office, pandangan stakeholder, CMM, tahapan2 CMM, siklus SLC, prinsip2 pengembangan sistem di pake saat membuat DFD, kerangka kerja kpaan digunakan (PISCES), repository, arti MDD RAD COST maintenance n strategi hibrid, rapid cepat karena melibatkan user menggunakan prototype, arti prototype n timeboxing, perbedaan RFP n RFQ

R_dy A Pe mengatakan...

Untuk slide versi B.Indonya, nyusul ya, lix.

Buat yang lain, klo mau cek kisi2 atau mau request kisi2, silakan berkunjung ke : http://faithside.blogspot.com/

Moga2 bermanfaat ya. Thx...

Posting Komentar

 

Twitter Blog Templates © Copyright by http://AF-binus.blogspot.com
BiNusian Sharing Blog
| Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks