Kamis, 30 April 2009

[SI] KISI2 UTS SEMESTER GENAP Proses Bisnis 2008/2009. part2

TwitThis
1. Pihak2 yg berkepentingan terhadap suatu bisnis :

• Pemilik : Wirausaha adalah orang yang mengorganisasi, mengelola dan
menanggung risiko yang dihadapi untuk memulai bisnis
• Karyawan : Karyawan perusahaan akan menghasilkan dan menjual barang dan jasa.Manajer adalah karyawan yang mempunyai tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan
• Kreditor : Merupakan institusi keuangan atau individu yang memberikan pinjaman.
• Pemasok : Pemasok akan menyediakan bahan baku dan bahan pendukung yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan produknya.
• Pelanggan : Pelanggan adalah orang yang membeli barang dan jasa perusahaan


2. fungsi2 bisnis,
• Fungsi utama dalam mengoperasikan bisnis adalah manajemen, akuntansi, dan sistem informasi. Keputusan manajemen menentukan bagaimana sumberdaya perusahaan dialokasikan. Keputusan pemasaran menentukan produk dijual, bersama dengan penentuan harga, distribusi, dan informasi produk tersebut. Keputusan keuangan menentukan bagaimana mendapatkan dan menanamkan modal.

3. bentuk kepemilikan bisnis serta keuntungan dan kekurangannya
• Perusahaan peseorangan :
Keuntungan perusahaan perseorangan :
1. Semua laba hanya untuk perusahaan perseorangan
2. Organisasi sederhana
3. Pengendalian seutuhnya
4. Pajak rendah
Kerugian perusahaan perseorangan
1. Bertanggungjawab atas semua kerugian
2. Tanggungjawab tidak terbatas
3. Dana terbatas
4. Keterampilan terbatas
• Perusahaan Kemitraan
Bisnis yang dimiliki dua orang atau lebih secara bersama. Para pemilik disebut mitra pengusaha.
Keuntungan Perusahaan Kemitraan :
1. Dana tambahan
2. Kerugian ditanggung bersama
3. Lebih ada spesialisasi
Kerugian Perusahaan Kemitraan :
1. Berbagi Pengendalian
2. Tanggung jawab tidak terbatas
3. Berbagi laba
• Korporasi (Perseroan Terbatas)
Badan hukum yang membayar pajak dan secara hukum terpisah dari pemiliknya.
Keuntungan dari Korporasi
1. Tanggungjawab terbatas
2. Akses terhadap dana
3. Transfer kepemilikan
Kerugian dari Korporasi
1. Biaya keorganisasian yang tinggi
2. Pemberitaan mengenai keuangan
3. Masalah keagenan
4. Pajak yang tinggi
4. franchise,
Franchasing (Waralaba)
Pengaturan dimana seorang pemilik bisnis (franchisor) memperbolehkan orang lain (franchise) memakai merek dagang, nama dagang atau hak paten dalam kondisi tertentu.
Jenis waralaba
- Distributor
Jenis waralaba dimana dealer boleh menjual produk hasil sebuah manufaktur
- Bisnis gaya rantai
Jenis waralaba dimana perusahaan boleh menggunakan nama dagang dan mengikuti petunjuk harga dan penjualan produk
- Pengaturan manufaktur
Jenis waralaba dimana perusahaan boleh membuat produk dengan formula yang diberikan oleh perusahaan lain.
● Keuntungan waralaba :
1. Gaya pengelolaan yang telah terbukti
2. Nama yang telah dikenal
3. Dukungan dana
● Kerugian Waralaba :
1. Berbagi Keuntungan
2. Pengendalian Keuntungan

5. etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan
• Etika Bisnis adalah rangkaian dasar etika yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis.
• Perilaku Etis
• Tanggung Jawab Sosial
Suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat.

6. jenis-jenis tanggung jawab sosial perusahaan dan berikan contoh
7. lingkungan ekonomi dan industri
8. karakteristik lingkungan industri yg memperngaruhi daya saing bisnis
a) Permintaan Industri :Keseluruhan permintaan terhadap produk-produk dalam industri.
b) Persaingan industry
c) Lingkungan tenaga kerja
d) Lingkungan peraturan

9. faktor ekonomi makro yg mempengaruhi kinerja bisnis
Pertumbuhan Ekonomi :Perubahan tingkat umum dari aktivitas ekonomi
Inflasi : Peningkatan tingkat harga umum dari barang dan jasa dalam periode tertentu.
Tingkat Suku Bunga: Dampak tingkat suku bunga pada nilai perusahaan.

10. bagaimana cara menentukan hargaKinerja perusahaan dipengaruhi oleh harga produk (yang mempengaruhi penerimaan perusahaan) dan harga barang pasokan dan bahan baku (yang mempengaruhi biaya operasional perusahaan)

11. tingkat manajemen yg efektif :
a) Manajemen puncak Manajemen : yang membuat keputusan sasaran dan strategi jangka panjang perusahaan.
b) Manajemen menengah : Manajer yang bertangung jawab atas keputusan jangka pendek, karena manajer uni lebih terlibat dalam proses produksi. Manajer menengah akan mengatasi persoalan dan merencanakan metode baru untukmeningkatkan kinerja.
c) Manajemen pengawasan : Para manajer yang umumnya berhubungan erat dengan para karyawan dan menangani masalah yang berhubungan dengan karyawan.

12. fungsi tindakan dan keahlian yg dimiliki seorg manajer
Ada empat fungsi utama manajer :
a) Perencanaan : Persiapan sebuah perusahaan untuk kondisi bisnis dimasa yang akan datang
• Rencana strategis
• Perencanaan taktis
• Perencanaan operasional
• Perencanaan darurat
b) Pengorganisasian :Pengaturan para karyawan dan sumber-sumber lain dengan cara yang konsisten dengan sasaran perusahaan.
c) Kepemimpinan : Proses untuk mempengaruhi kebiasaan orang lain demi pencapaian sasaran bersama.
Keahlian Manajerial
a) Keahlian konseptual: Kemampuan untuk memahami hubungan antara berbagai tugas di perusahaan
b) Keahlian antar manusia: Keahlian yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan karyawan
c) Keahlian teknikal: Keahlian yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas sehari- hari
d) Keahlian pengambilan keputusan: keahlian yang menggunakan informasi yang tersedia untuk menentukan cara mengalokasikan sumber-sumber perusahaan.
13. unsur-unsur struktur organisasi
a) Alur perintah : Mengidentifikasikan posisi pekerjaan, kepada siapa setiap tipe karyawan bertanggung jawab.
b) Wewenang dewan direksi
■ Dewan direksi : Beberapa orang eksekutif yang bertanggung jawab memantau kegiatan presiden perusahaan dan para menejer tingkat tinggi yang lain.
■ Anggota dewan direksi dalam
■ Anggota dewan direksi luar
c) Jangkauan pengawasan : Jumlah karyawan yang berada di setiap manajer
d) Puncak organisasi
e) Sentralisasi
f) Desentralisasi
g) Jabatan lini versus staf

14. beda dan ciri-ciri desan organik dan desain organisasi mekanik
15. metode pembentukkan departemen
Metode utama untuk membentuk departement adalah dengan:
• Fungsi, di mana tugas dibagi sesuai dengan fungsi karyawan.
• Produk, di mana tugas dibagi sesuai dengan produk yang dihasilkan.
• Lokasi, di mana tugas dikonsentrasikan pada suatu divisi khusus, untuk mengelola suatu daerah spesifik, dan
• Pelanggan, di mana tugas dibagi sesuai dengan tipe pelanggan yang membeli produk perusahaan.

16. sumber daya produksi
Sumber daya yang digunakan perusahaan untuk proses produksi :
a) Sumber daya manusia
Perusahaan menentukan karyawan operasional yang bekerja di perusahaan sesuai dengan ketrampilan, keahlian yang di butuhkan untuk jenis produksi tertentu.
b) Bahan Baku
Bahan baku yang diperoleh dari pemasok, akan diolah melalui proses produksi menjadi barang/produk jadi. Contoh : produsen ban memakai karet.
c) Sumber Daya Lain
Perusahaan menggunakan pabrik dan kantor atau menyewa gedung jika biaya gedung terlalu besar. Perusahaan manufaktur menggunakan mesin dan perlengkapan serta teknologi untuk proses produksi

17. proses layout( proses penataan /tata letak pabrik ),
Rancangan (design) : Ukuran dan struktur pabrik atau kantor.
Tata letak (layout) : Pengaturan mesin dan perlengkapan didalam pabrik atau kantor.
Faktor-faktor yang mempengaruhi rancangan dan tata letak :
a) Karakteristik lokasi
b) Proses Produksi
● Tata letak produk
● Tata letak posisi tetap
● Tata letak posisi fleksibel
c) Jenis produk
d) Kapasitas produksi yang diinginkan

18. memiliki rancangan produksi dan tata letak pabrik yg optimal

0 comments:

Posting Komentar

 

Twitter Blog Templates © Copyright by http://AF-binus.blogspot.com
BiNusian Sharing Blog
| Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks